Tuesday, August 21, 2018

APA ITU ORGANISASI DAN ADMINISTRASI INTERNASIONAL


ORGANISASI DAN ADMINISTRASI INTERNASIONAL
Dosen pengampu : Ust Yeyen Subandi, M.A
Nama : Amin Nashrullah HI 3A
A.    Intergovermental Organization
Organisasi pemerintahan Internasional  atau yang kita sering dengar dengan singkatan IGO adalah sebuah perjanjian atau piagam yang terdiri dari negara negara berdaulat, atau yang disebut sebagai negara negara anggota. Anggotanya adalah pemerintah, atau wakil instansi yang mewakili pemerintahan suatu negara secara resmi. Organisasi tersebut adalah sebuah kesepakatan bersama yang bertujuan untuk mencapai kepentingan  bersama dan memiliki tujuan yang sama diantaranya adalah
1.      Mmewujudkan perdamaian dunia.
2.      Meningkatkan kesejahteraan dunia maupun negara anggota.
Tujuan khusus IGO adalah sebagai tempat atu wadah , forum atau alat untuk mencapai tujuan bersama yang merupakan karakteristik tiap tiap organisasi. Contohnya adalah PBB dan ASEAN.
B.     Internasional Non-Govermental Organization ( INGO )
Seperti yang tadi dibahas bahwasannya IGO adalah kegiatan yang administrasinya diatur berlandaskan hukum publik, namun INGO adalah sebuah kegiatan yang administrasinya  biasanya diatur berlandaskan pada hukum perdata. Perbedaannya hanya pada keanggotaan organisasi, mitra kerjasama serta ruamg lingkup kegiatan organisasinya. Di dalam buku Kamus Hubungan Internasional telah dipaparkan bahwasannya NGO atau yang bisa di sebut INGO adalah suatu organisasi internasional privat yang berfungsi sebagai mekanisme bagi kerjasama diantara kelompok swasta nasional dalam masalah urusan internasional, terutama dalam bdang ekonomi, sosial, kebudayaan, humanitarian dan teknis.
      Lebih tepatnya lgi bahwasannya INGO didirikan oleh perseorangan atau kelompok kelompok yang tidak memiliki keterkaitan dengan pemerintahan sebuah negara. Peran INGO lebih dilihat ketika proses pengambilan keputusan internasional  yang lebih transparan serta pencarian fakta. Karakter INGO yang paling menonjol adalah tidak bekerja sama dengan partai politik, bukan lembaga yang mencari keuntungan dan tidak bekerjasama dengan organisasi-organisasi yang berbau kejahatan.

References

(n.d.). Retrieved from https:\\diplomacy.state.gov\berlinwall.
Arnold, H. (2006). The Essentials Of Global Politics. London: LANGHORNE.


 







No comments:

Post a Comment

RESUME BUKU HUKUM PERDAGANGAN INTERNASIONAL ( HUALA ADOLF )

BAB I Hukum perdagangan internasional adalah bidang hukum yang berkembang cepat. Ruang lingkup bidang hukum ini pun cukup luas. Hubun...